Asuransi Pemasangan Mesin (E.A.R.)

Menjamin Mesin dari masa instalasi.

Ikhtisar
Memberikan jaminan yang lengkap atas kerugian dan/atau kerusakan atas mesin-mesin yang terjadi selama masa pekerjaan pemasangan dan instalasi dari bermacam-macam mesin dan perlengkapannya. Selain itu juga menjamin risiko-risiko selama: pekerjaan konstruksi penyulingan minyak, pembangkit tenaga, pekerjaan konstruksi jembatan besi, menara baja, dan struktur-struktur baja lainnya.

Penutupan Asuransi Pemasangan Mesin (E.A.R.) dapat dilakukan oleh :
1. Pihak pembuat (pabrik) atau penyalur mesin atau peralatan apabila mereka bertindak sebagai pelaksana pekerjaan pemasangan atau bertanggung jawab untuk itu.
2. Pihak perusahaan yang ditunjuk untuk pekerjaan pemasangan.
3. Pihak pembeli mesin atau peralatan yang akan dipasang.

HARTA BENDA YANG DIPERTANGGUNGKAN
1. Pekerjaan Pemasangan, sebagai berikut:

  • Mesin-mesin, perlengkapan dan rakitannya, seperti : mesin turbin, mesin pembangkit tenaga listrik, ketel uap, kompresor, mesin pembakaran, motor listrik, transformer, alat pengubah arus, panel, pompa, elevator, derek, ban berjalan, kabel untuk kereta gantung, mesin-mesin percetakan, mesin-mesin kertas dan tekstil, kabel-kabel transmisi, pipa-pipa, tangki, kapal dan jembatan baja.
     
  • Fasilitas pembangkit tenaga listrik lengkap dan area produksi dimana barang-barang tersebut dipergunakan, seperti: stasiun pembangkit tenaga listrik, pabrik baja, pabrik kimia, tungku pembakaran, pabrik kertas dan tekstil dan lain-lain, demikian pula halnya dengan pabrik-pabrik yang memproduksi barang-barang kebutuhan konsumen lainnya.

2. Pekerjaan Sipil.
3. Biaya-biaya yang timbul untuk membersihkan puing-puing karena suatu kecelakaan.
4. Harta benda yang berada dilokasi, dimiliki atau berada dalam tanggung jawab / kekuasaan / pengawasan Tertanggung.
5. Tanggung jawab hukum yang timbul atas kerusakan harta benda atau cedera badan pihak ketiga dan terjadi berkaitan dengan proses pekerjaan pemasangan, di dalam ataupun sekitar area pemasangan.

Jaminan

Semua kerugian atau kerusakan fisik yang tidak terduga dan tiba-tiba, selain dari pengecualian-pengecualian yang disebutkan.

Pengecualian

  1. Perang, invasi, aksi musuh asing, permusuhan (baik dengan pernyataan perang ataupun tidak), perang sipil, pemberontakan, revolusi, pengambilalihan kekuasaan, pemberontakan militer, kerusuhan, pemogokan, penghalangan kerja, huru-hara, kekuatan militer, perbuatan jahat yang dilakukan oleh sekelompok orang atau orang-orang yang bertindak atas nama atau berkaitan dengan salah satu organisasi politik,  konspirasi, penyitaan, keadaan darurat, pendudukan atau penghancuran atau perusakan atas perintah dari pemerintahan yang sah secara "de jure" atau "de-facto", atau oleh otoritas publik.
  2. Reaksi /radiasi nuklir atau kontaminasi radioaktif.
  3. Tindakan yang disengaja atau kecerobohan dari Tertanggung dan orang-orangnya.
  4. Penghentian kerja secara sebagian atau keseluruhan.
  5. Risiko sendiri yang tertera dalam Ikhtisar Polis yang harus ditanggung oleh Tertanggung untuk setiap kejadian.
  6. Segala bentuk kerugian konsekuensial, termasuk denda, kerugian-kerugian karena keterlambatan, kegagalan kerja dan kehilangan kontrak.
  7. Kerugian dan kerusakan karena kesalahan rancangan, cacat material atau cetak, cacat pengerjaan selain kesalahan dalam pemasangan.
  8. Kerusakan karena pemakaian, berkarat, proses oksidasi, berkerak.
  9. Kehilangan atau kerusakan atas arsip, gambar, catatan pembukuan, kuitansi, uang kertas, meterai, akta, bukti penagihan, catatan, surat-surat berharga, cek.
  10. Kerusakan dan atau kerugian yang ditemukan hanya pada saat diadakan inventarisasi.
  11. Pengecualian-pengecualian lainnya seperti yang disebutkan dalam polis.