Klaim Kendaraan Motor

Kami berkomitmen untuk menyediakan Layanan klaim dengan kualitas terbaik bagi Pemegang Polis melalui layanan klaim yang cepat dan responsif.

Panduan ini di rancang untuk kenyamanan Anda dalam mengajukan Klaim Asuransi.

Untuk pertanyaan tentang klaim Asuransi Anda, anda dapat menghubungi kami di (Sen-Jum 8.00-17.00):

Hunting: (021) 2523110
Motor: (021) 5201269
Fax: (021) 2524084, 2524083

Untuk layanan darurat 24jam, silakan hubungi (021) 29279636

Prosedur Klaim Kendaraan Motor

Klaim Atas Kerusakan Sendiri (Jaminan Komprehensif).

Untuk detail informasi mengenai Klaim Atas Kerusakan Sendiri, klik di sini https://www.msig.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor

Anda dapat mengajukan Klaim atas kerusakan sendiri terhadap kerugian/ kerusakan pada kendaraan anda yang tercatat pada polis, jika kendaraan anda dilindungi dengan polis Asuransi  Kendaraan Bermotor Komprehensif.

  • Segera Hubungi Hotline Klaim kami untuk memberitahukan kecelakaan tersebut.
  • Jika kendaraan anda mengalami kerusakan akibat kecelakaan dan memerlukan perbaikan, kirim kendaraan anda ke Bengkel. Anda juga dapat mengisi notifikasi klaim di sana (hanya untuk Polis Kendaraan bermotor Komprehensif).
  • Mengisi, melengkapi dan menandatangani notifikasi klaim yang sesuai, dan menyerahkannya bersama salinan dokumen yang diperlukan.
  • Anda harus membayar Risiko sendiri sebagaimana yang ditetapkan dalam Polis Anda.
  • Setelah perbaikan selesai, Anda akan diminta untuk memeriksa kendaraan Anda dan menandatangani Kepuasan Pelanggan untuk mengeluarkan kendaraan Anda dari bengkel.
  • Laporan Polisi diperlukan jika melibatkan pihak ketiga  dan / atau kasus pencurian.
  • Dalam hal Kerusakan Sendiri-Kerugian Total, dokumen-dokumen berikut juga diperlukan pada saat pengakuan pemberian ganti rugi dari kami. (Lihat Dokumen)

Klaim Pencurian

Untuk detail informasi Klaim Pencurian, klik di sini https://www.msig.co.id/id/asuransi-kendaraan-bermotor

  • Melaporkan kepada Polisi dalam waktu 24 jam seperti yang disyaratkan oleh hukum dan meminta salinan laporan Polisi.
  • Segera beritahu kami.
  • Mengisi Formulir Klaim dan melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan.
  • Anda dan pengemudi Anda / pihak yang menangani kendaraan Anda diminta untuk bekerja sama dengan Adjuster / Investigator atau personil yang kami tunjuk untuk melakukan penyelidikan.

Catatan:

Selain informasi atau dokumen yang tercantum di atas, kita dapat meminta dokumen yang lebih spesifik untuk dipertimbangkan sebagai kesimpulan dari klaim ini.

Dokumen

Jika Anda terlibat dalam sebuah kecelakaan:
1. Jangan Panik, Telepon Nomor Darurat kami secepat mungkin.
2. Mencatat Nomor Kendaraan, nama dan alamat dari pengendara lain atau pihak ketiga lainnya, jika ada.
3. Meminta Perusahaan Asuransi dan nomor polis dari kendaraan lain.
4. Jangan mengakui kewajoban atau tanggung jawab apapun dari kecelakaan tersebut.
5. Hubungi Kantor Polisi tedekat, jika dibutuhkan.
6. Melaporkan kecelakaan kepada kantor MSIG Indonesia.

Layanan telepon darurat 24 jam: 021-2927963

 Jenis Dokumen Partial Loss TPL Property Damage TPL Bodily Injury TLO (Heavy Damage) TLO (Theft)
Formulir klaim yang sudah ditanda tangani dan ditempel cap perusahaan

Foto copy polis
Detil kronologi (jika tidak ditulis di formulir klaim)
Foto kerusakan

  • Kendaraan Tertanggung
  • Kendaraan dan atau properti Pihak Ketiga

 

 
Foto copy SIM

  • Pengemudi kendaraan Tertanggung
  • Pengemudi kendaraan Pihak Ketiga, jika ada

(SIM pengemudi kendaraan Tertanggung)

Foto copy STNK

  • Kendaraan Tertanggung
  • Kendaraan Pihak Ketiga, jika ada

Foto copy kartu identitas (KTP / KITAS)

>> Jika formulir klaim ditanda tangani bukan oleh Tertanggung

Surat laporan polisi asli

  • Kehilangan spare part
  • Melibatkan Pihak Ketiga
Gesek/foto no.rangka atau no.mesin

  • Kendaraan Tertanggung
  • Kendaraan Pihak Ketiga, jika ada

 

Estimasi biaya perbaikan bengkel

(Untuk klaim reimbursement menggunakan bengkel non rekanan)

(Untuk klaim reimbursement menggunakan bengkel non rekanan)

Surat konfirmasi hubungan antara Tertanggung dengan orang yang membuat laporan ke polisi         
Surat tuntutan dari pihak ketiga (klaim TPL / Liability)      
Foto copy KTP korban (pihak ketiga), ahli waris, dan Kartu Keluarga

(Untuk klaim Personal Accident)

 

(Untuk klaim Personal Accident)

 
Laporan medis dari RS atau dokter

(Untuk klaim Personal Accident)

 

(Untuk klaim Personal Accident) 

 
Foto copy Surat Kematian

(Untuk klaim Personal Accident)

 

(Untuk klaim Personal Accident)

 
Kuitansi asli pengobatan

(Untuk klaim Personal Accident)

 

(Untuk klaim Personal Accident)

 
Kuitansi asli untuk perbaikan kendaraan dan atau properti

(Untuk klaim reimbursement menggunakan bengkel non rekanan)

  • Pihak Ketiga adalah berupa kendaraan yang menggunakan bengkel non rekanan (klaim reimbursement)
  • Pihak Ketiga adalah berupa properti.
     
Laporan BMKG (untuk klaim bencana)        
Surat subrogasi asli yang sudah ditanda tangani Tertanggung dan distempel (jika perusahaan)      
Kuitansi kosong 2 lembar dibubuhi tanda tangan dan stempel perusahaan 1 lembar dibubuhi materai      
Faktur kendaraan bermotor       
Buku KIR      
Kunci asli dan duplikat      
BPKB asli      
Surat blokir STNK asli        
Surat keterangan kehilangan dari POLDA asli        
Dokumen pendukung lain yang relevan >>>akan diinformasikan kemudian