Tahukah Anda? Aspek Penting Setelah Terjadinya Klaim

Post Loss Claim Important Aspect

Apakah Anda mengetahui apa saja aspek penting setelah klaim terjadi dan dibayar oleh Penanggung? Beberapa hak yang mungkin dimiliki oleh Penanggung akan muncul dan berdasarkan syarat dan ketentuan polis asuransi yang Anda miliki, Anda wajib untuk melindungi hak tersebut untuk kepentingan Penanggung. Hak yang dimiliki oleh Penanggung setelah proses pembayaran adalah sebagai berikut: 

1. Subrogasi

Subrogasi adalah istilah yang menjelaskan hak hukum yang dimiliki oleh asuransi untuk menuntut secara hukum pihak ketiga yang menyebabkan terjadinya kerugian yang diasuransikan. 

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga hak Penanggung dalam aspek ini adalah:

  1. Bertindak seolah-olah Anda tidak memiliki asuransi saat klaim terjadi.
  2. Tidak membuat perjanjian sepihak di awal yang dapat menyebabkan hilangnya hak subrogasi Penanggung.
  3. Menginformasikan Penanggung sesegera mungkin untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut mengenai langkah ke depan apa yang harus dilakukan.
  4. Mengamankan semua bukti terkait kejadian yang telah terjadi.
  5. Memberikan dukungan dan kerja sama penuh kepada Penanggung ketika proses subrogasi dilakukan.

2. Salvage

Salvage adalah harta benda yang mengalami kerusakan yang akan diambil alih oleh pihak Penanggung setelah klaim dibayarkan, untuk mengurangi kerugian yang terjadi. Di beberapa keadaan, harta benda yang mengalami kerusakan akan memiliki nilai ekonomis dan keputusan untuk mengambil salvage atau tidak, sepenuhnya menjadi keputusan mutlak pihak Penanggung.

Hal yang harus dilakukan untuk menjaga hak Penanggung dalam aspek ini adalah:

  1. Menjaga harta benda yang rusak di tempat yang aman dan layak untuk menunggu proses selanjutnya.
  2. Menginformasikan di awal kepada Penanggung jika keterbatasan tempat untuk menyimpan salvage.
  3. Membantu Penanggung untuk menemukan pembeli dan pasar yang terbaik untuk menjual salvage tersebut.

Penjelasan di atas adalah langkah umum dalam membantu Penanggung untuk melindungi haknya setelah klaim dibayarkan. Jika Anda memiliki pertanyaan dan/atau kepentingan lain terhadap aspek di atas, mohon untuk tidak sungkan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan siap membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Tahukah Anda? Tips hadapi genangan banjir saat berkendara

Pelajari tip berharga untuk menavigasi dengan aman melewati genangan air saat mengemudi.

Tahukah Anda? Asuransi Tanggung Jawab Umum Komprehensif

Telusuri aspek-aspek kunci dari kebijakan asuransi tanggung jawab umum komprehensif.

Tahukah Anda? Karet Bantalan Dermaga Muat

Mengungkap rahasia dan manfaat dermaga pemuatan bumper karet.