Enam Tip Perawatan untuk Wiper Mobil Anda

Six Maintenance Tips for Your Car's Wipers

Wiper pada mobil merupakan salah satu komponen penting yang seringkali diabaikan oleh pemilik mobil dalam rutinitas perawatan kendaraan. Padahal , perawatan wiper sangat penting untuk memastikan visibilitas tetap jelas selama berkendara, terutama dalam kondisi cuaca yang buruk. Menurut Gesang Pranoto, Kepala Teknisi Auto2000 Cempaka, banyak pemilik kendaraan yang jarang sekali memperhatikan dan merawat wiper. Padahal bagian mobil ini cukup penting keberadaannya, selain untuk keselamatan juga keawetan kaca depan. Untuk memastikan wiper mobil Anda berfungsi dengan baik dan mengoptimalkan keselamatan berkendara, berikut beberapa tip perawatannya:

1. Bersihkan Blade dan Karet Wiper Secara Teratur

Membersihkan blade dan karet wiper secara teratur adalah langkah pertama untuk menjaga performa wiper mobil Anda. Sisa-sisa debu, kotoran, dan residu lainnya yang menempel berpotensi mengurangi efisiensi pembersihan kaca mobil. Gunakan air sabun hangat yang berfungsi untuk melembutkan karet wiper serta lap lembut untuk membersihkan blade dan karet wiper. Pastikan untuk menyeka hingga bersih dan bebas dari kotoran.

2. Periksa Kondisi Karet Wiper

Kondisi karet wiper adalah faktor penting dalam memastikan kinerja wiper mobil. Jika karet wiper mulai terlihat aus, pecah, atau menunjukkan tanda-tanda keausan lainnya, segera gantilah dengan yang baru. Karet wiper yang aus atau rusak tidak akan bisa membersihkan kaca depan dengan efektif dan dapat meningkatkan risiko goresan pada kaca depan.

3. Hindari Penggunaan Wiper pada Kaca Kering

Salah satu kesalahan umum dalam penggunaan wiper adalah menggunakannya pada kaca yang kering. Menggunakan wiper pada kaca yang kering dapat menyebabkan goresan pada kaca depan dan mempercepat keausan karet wiper. Pastikan untuk selalu menyemprotkan cairan pembersih kaca atau air ke kaca depan sebelum menggunakan wiper untuk membersihkan kaca dengan aman.

4. Ganti Wiper secara Berkala

Seiring waktu, blade dan karet wiper akan mengalami keausan akibat paparan cuaca dan gesekan berulang dengan kaca depan. Direkomendasikan untuk mengganti wiper setidaknya setiap enam hingga 12 bulan sekali, tergantung pada frekuensi penggunaan dan kondisi cuaca setempat. Penggantian wiper secara berkala akan memastikan bahwa wiper mobil Anda tetap dalam kondisi optimal dan mampu memberikan performa pembersihan yang baik.

5. Parkir Mobil dengan Wiper dalam Kondisi Mati

Seringkali, pengemudi meninggalkan mobil mereka dalam keadaan wiper masih menyala. Ini dapat menyebabkan beban yang tidak perlu pada karet wiper dan dapat mempercepat keausan. Sebelum meninggalkan mobil, pastikan untuk mematikan wiper dan memastikan karet wiper berada dalam posisi yang rata pada kaca depan.

Perawatan wiper mobil yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan visibilitas yang jelas dan keselamatan berkendara yang maksimal. Dengan membersihkan blade dan karet wiper secara teratur, memeriksa kondisinya, menghindari penggunaan wiper pada kaca yang kering, dan mengganti wiper secara berkala, Anda dapat memastikan bahwa wiper mobil Anda tetap berfungsi dengan baik dalam segala kondisi cuaca. Ingatlah bahwa wiper mobil adalah komponen vital yang membantu Anda melihat dengan jelas saat berkendara, dan perawatannya sebaiknya tidak diabaikan. Persiapkan Asuransi Kendaraan Bermotor dari MSIG Indonesia untuk memberikan perlindungan maksimal bagi mobil Anda. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar produk Asuransi Kendaraan Bermotor pada link berikut https://www.msig.co.id/id/help-support#productenquiry untuk dapat segera dibantu oleh tenaga pemasaran kami.

Beli sekarang

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Explore Four Uniqueness of February 29<sup>th</sup>, a Date that Rarely Appears
 · Gaya hidup

Selami dunia luar biasa pada tanggal 29 Februari, tanggal yang jarang menghiasi kalender kita.

Safe Tips for Putting Campaign Stickers on Cars: Protection for Your Vehicle
 · Kendaraan

Temukan tips penting untuk mengaplikasikan stiker kampanye dengan aman pada mobil untuk melindungi kendaraan Anda.

Unique Traditions to Celebrate Chinese New Year in Some Regions of Indonesia
 · Perjalanan

Jelajahi kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia.