Kelezatan Masakan Khas Lebaran dari Berbagai Daerah di Indonesia

Delicious Eid Specialties from Various Regions in Indonesia

Salah satu hal yang tak terpisahkan dari perayaan Lebaran adalah hidangan lezat yang disajikan untuk merayakan hari kemenangan. Biasanya menu hidangan yang menjadi ciri khas saat Lebaran adalah opor ayam. Selain opor ayam yang menjadi hidangan khas, berikut adalah beberapa masakan khas Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia yang patut dicoba.

  1. Pallu Basa - Sulawesi Selatan
    Pallu Basa adalah hidangan khas Bugis-Makassar yang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah khas, seperti kunyit, jahe, dan bawang merah. Hidangan ini memiliki rasa yang harum dan nikmat, sering disajikan sebagai hidangan istimewa saat Lebaran.
  2. Lemang – Kalimantan
    Lemang adalah hidangan khas Kalimantan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak dalam bambu bersama dengan santan dan garam. Hidangan ini memiliki tekstur yang lembut dan aromanya yang harum, sering disajikan sebagai hidangan khas Lebaran di Kalimantan.
  3. Lontong Balap – Surabaya
    Lontong Balap adalah hidangan khas Surabaya yang terbuat dari lontong (nasi ketan yang dibungkus daun pisang dan direbus) yang disajikan dengan tambahan taoge (kecambah kacang hijau), tahu goreng, dan bumbu kacang yang pedas dan gurih. Hidangan ini sangat populer di Surabaya dan sering disajikan saat Lebaran.
  4. Pallumara – Maluku
    Pallumara adalah hidangan khas Maluku yang terbuat dari ikan segar yang dimasak dalam kuah kental dengan bumbu rempah yang khas, seperti kunyit, jahe, dan serai. Hidangan ini memiliki cita rasa yang segar dan gurih.
  5. Pindang Tulang - Palembang, Sumatera Selatan
    Pindang Tulang adalah hidangan khas Palembang yang terbuat dari tulang sapi yang dimasak dalam kuah asam pedas yang kaya rempah. Hidangan ini memiliki cita rasa yang segar dan pedas.

Dengan beragam masakan khas Lebaran dari berbagai daerah di Indonesia, perayaan Lebaran akan semakin meriah dan nikmat. Selain itu, Anda juga bisa menambah  wawasan cita rasa baru saat Lebaran. Setiap hidangan memiliki cita rasa dan aroma yang khas, mencerminkan keanekaragaman budaya dan tradisi kuliner di Indonesia. 

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Vesak Celebration: Remembering the Life of Buddha in Five Countries in the Americas
 · Perjalanan

Jelajahi bagaimana lima negara di Amerika merayakan Waisak.

Dealing with Extreme Hot Weather: Tips Caring for Your Car Glass
 · Kendaraan

Pelajari tip penting untuk melindungi kaca mobil Anda dalam cuaca panas yang ekstrem.

Bali Mengalami <cite>Overtourism</cite>? Berikut Lima Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Bali
 · Perjalanan

Jelajahi lima destinasi wisata menakjubkan di Indonesia yang menawarkan pengalaman serupa dengan Bali.