Mengenali Tujuh Tanda Ban Mobil Bermasalah

Recognize Seven Signs of a Troubled Car Tire

Ban mobil yang berfungsi dengan baik adalah elemen penting dalam menjaga keselamatan dan kinerja kendaraan Anda. Kerusakan atau masalah pada ban dapat berdampak serius pada kendaraan Anda, bahkan bisa mengancam keselamatan Anda di jalan. Oleh karena itu, penting untuk dapat mengenali tanda-tanda bahwa ban mobil Anda bermasalah. Berikut adalah beberapa tanda-tanda yang perlu Anda waspadai:

  1. Ban Berasap
    Kondisi ban berasap terjadi karena komponen rem pada ban mobil menghasilkan panas saat proses pengereman. Dikutip dari artikel otomotif.kompas.com, perlu diketahui kondisi ban berasap biasanya terjadi pada mobil usia tua. Penyebabnya bisa dikarenakan usia pakai dan kondisi ekstrim seperti suhu udara yang panas di kemacetan yang panjang. Namun perlu dipastikan kembali, apakah benar ada asap yang keluar dari ban mobil Anda. Dikutip dari artikel AstraWorld, jika benar asap keluar lakukan pengecekan mandiri dengan cara:
    • Silahkan menepi di pinggir jalan yang aman.
    • Siapkan dongrak mobil, lalu angkat sisi ban yang mengeluarkan asap.
    • Selanjutnya, putarlah ban yang terangkat. Jika putaran ban terasa berat ada kemungkinan rem bermasalah. Jika putaran ban terasa normal dan ringan maka ban tidak ada masalah.

    Dengan maraknya berita penipuan ban berasap, semoga Anda bisa melakukan pengecekan mandiri di atas untuk menghindari potensi yang merugikan.
  2. Reduksi Tekanan Udara
    Jika Anda secara rutin mengalami penurunan tekanan udara pada ban-ban Anda, ini bisa menjadi indikasi bahwa ban  bocor atau mengalami kerusakan. Periksa tekanan udara secara teratur dengan alat ukur tekanan ban dan pastikan ban dalam keadaan optimal.
  3. Sering Mengalami Gejala Getaran
    Getaran yang tidak biasa, terutama saat berkendara di kecepatan tertentu, bisa mengindikasikan masalah dengan ban atau roda. Ini bisa berupa ban yang tidak seimbang atau kerusakan pada ban itu sendiri.
  4. Suara Berdecit atau Berisik
    Jika Anda mendengar suara berdecit atau berisik yang tidak biasa saat berkendara, ini bisa menjadi indikasi bahwa ban Anda mengalami kerusakan atau keausan yang berlebihan. Suara tersebut bisa muncul saat Anda mengemudi atau saat berbelok.
  5. Ban yang Selalu Kehabisan Angin
    Jika Anda sering menemukan ban Anda selalu kehabisan angin, mungkin ada masalah pada ban itu sendiri, seperti kerusakan pada permukaan ban atau celah di antara velg  dan ban.
  6. Ketidakstabilan saat Berkendara
    Ban yang bermasalah dapat mengakibatkan ketidakstabilan saat berkendara. Jika Anda merasa kendaraan  tidak lagi responsif atau kendali  kurang mantap, ada kemungkinan besar terdapat masalah dengan salah satu atau beberapa ban Anda.
  7. Tanda-tanda Kehancuran
    Kerusakan fisik yang jelas, seperti robekan, potongan besar yang hilang, atau benjolan yang terlihat jelas pada permukaan ban, adalah tanda-tanda nyata bahwa ban Anda memerlukan perhatian segera.

Jika Anda melihat salah satu tanda-tanda di atas pada ban mobil Anda, sangat penting untuk segera mengambil tindakan. Mengabaikan masalah pada ban bisa mengakibatkan kecelakaan serius atau kerusakan lebih lanjut pada kendaraan Anda. Perawatan rutin, termasuk periksa dan pemeliharaan ban secara berkala, adalah kunci untuk menjaga keselamatan Anda di jalan. Jangan ragu untuk menghubungi bengkel atau teknisi terpercaya jika Anda mencurigai adanya masalah pada ban . Keselamatan Anda adalah yang terpenting!

Persiapkan Asuransi Kendaraan Bermotor dari MSIG Indonesia untuk memberikan perlindungan maksimal bagi mobil Anda. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar produk Asuransi Kendaraan Bermotor pada link berikut: https://www.msig.co.id/id/help-support#productenquiry untuk dapat segera dibantu oleh tenaga pemasaran kami.

Beli sekarang

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Explore Four Uniqueness of February 29<sup>th</sup>, a Date that Rarely Appears
 · Gaya hidup

Selami dunia luar biasa pada tanggal 29 Februari, tanggal yang jarang menghiasi kalender kita.

Safe Tips for Putting Campaign Stickers on Cars: Protection for Your Vehicle
 · Kendaraan

Temukan tips penting untuk mengaplikasikan stiker kampanye dengan aman pada mobil untuk melindungi kendaraan Anda.

Unique Traditions to Celebrate Chinese New Year in Some Regions of Indonesia
 · Perjalanan

Jelajahi kemeriahan perayaan Tahun Baru Imlek di Indonesia.