Menyelusuri Budaya Lebaran yang Unik di Berbagai Negara

Exploring Unique Eid Cultures in Different Countries

Hari Raya Idul Fitri, atau yang dikenal juga sebagai Lebaran adalah momen penting bagi umat Muslim di seluruh dunia. Momen perayaan Lebaran tidak hanya dirayakan di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara lain di dunia. Mari kita telusuri beberapa budaya Lebaran yang unik di luar negeri.

  1. Malaysia
    Di Malaysia, Lebaran dirayakan dengan penuh semangat dan kegembiraan. Orang-orang bersiap untuk merayakan dengan memasang hiasan-hiasan dan lampu-lampu di rumah mereka. Tradisi khas Malaysia adalah masyarakat membuka rumah mereka bagi  tetangga, teman, dan keluarga untuk bersantap bersama setelah berpuasa sebulan penuh.
  2. Mesir
    Lebaran di Mesir, yang dikenal Sham El Nessim adalah waktu untuk berkumpul dengan keluarga dan teman-teman. Salah satu tradisi unik Mesir ini adalah makan makanan ringan manis yang disebut Kahk,  terbuat dari tepung gandum, mentega, dan kacang. Kahk ini sering dibagikan kepada tetangga dan teman-teman sebagai tanda kebaikan.
  3. Turki
    Di Turki, Lebaran disebut sebagai Şeker Bayramı yang berarti Festival Gula. Di  festival ini, masyarakat Turki saling bertukar manisan gula sebagai tanda kasih sayang dan persaudaraan. Selain itu, tradisi lain adalah mengunjungi makam keluarga untuk memberikan penghormatan kepada yang telah meninggal.
  4. India
    Di beberapa bagian India, tradisi unik yang dilakukan adalah mendekorasi rumah dengan lampu-lampu, menonton pertunjukan api, dan berpartisipasi dalam parade. Makanan khas seperti biryani dan korma sering disajikan selama perayaan ini.
  5. Afrika Barat
    Di negara-negara di Afrika Barat,  seperti Senegal, Gambia, dan Nigeria, Lebaran disebut sebagai Korité. Tradisi unik di sini termasuk memakai pakaian baru yang disebut Boubou dan memberikan hadiah kepada anak-anak dalam bentuk uang tunai atau kue manis yang disebut Kunu.

Setiap negara memiliki cara unik untuk merayakan Lebaran, tetapi semangat kegembiraan, persatuan, dan kebersamaan selalu menjadi inti dari perayaan ini di manapun di dunia. Lebaran adalah waktu yang sangat berharga untuk bersatu dengan keluarga dan teman-teman, merayakan persaudaraan, serta berbagi kebahagiaan dengan sesama umat Islam di seluruh dunia.

Apakah Anda tertarik mengunjungi salah satu tempat di atas untuk melihat tradisi yang unik di beberapa Negara di atas? Tidak perlu khawatir akan perjalanan, nikmati perlindungan menyeluruh dengan Asuransi Perjalanan (Luar Negeri)  dari MSIG Indonesia. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar produk Asuransi Perjalanan (Luar Negeri) pada link berikut: https://www.msig.co.id/id/help-support#productenquiry untuk dapat segera dibantu oleh tenaga pemasaran kami.

Beli sekarang

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Vesak Celebration: Remembering the Life of Buddha in Five Countries in the Americas
 · Perjalanan

Jelajahi bagaimana lima negara di Amerika merayakan Waisak.

Dealing with Extreme Hot Weather: Tips Caring for Your Car Glass
 · Kendaraan

Pelajari tip penting untuk melindungi kaca mobil Anda dalam cuaca panas yang ekstrem.

Bali Mengalami <cite>Overtourism</cite>? Berikut Lima Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Bali
 · Perjalanan

Jelajahi lima destinasi wisata menakjubkan di Indonesia yang menawarkan pengalaman serupa dengan Bali.