Perlengkapan yang Perlu Disiapkan Pengendara Sepeda Motor saat Musim Hujan

Essential Motorcyclist Gear Preparations Beyond Raincoats for the Rainy Season

Pengendara sepeda motor  harus siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, termasuk hujan. Berkendara di musim hujan membutuhkan lebih dari sekadar jas hujan. Dikutip dari artikel otomotif.kompas.com, Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, mengatakan pemilihan perlengkapan pengendara motor dalam menghadapi hujan tentu akan mendukung keselamatan dan keamanan berkendara. Beberapa contoh  perlengkapan yang harus disiapkan adalah sepatu tahan air, sarung tangan tahan air, dan masih banyak lagi. Simak pembahasan tentang perlengkapan penting yang perlu disiapkan pengendara sepeda motor saat musim hujan. 

1. Sepatu Berkendara Tahan Air

Kaki Anda rentan terhadap hujan dan cipratan air, oleh karena itu berinvestasi pada sepatu berkendara tahan air sangatlah penting. Sepatu berkendara ini dirancang untuk menjaga kaki Anda tetap kering dan terlindungi. Carilah sepatu berkendara dengan jahitan tertutup, ritsleting tahan air, dengan bahan tahan lama yang mampu bertahan dalam kondisi basah. Carilah ukuran yang nyaman dan pas, untuk memastikan bahwa air tidak merembes masuk ke dalam sepatu.

2. Sarung Tangan Tahan Air

Sarung tangan tahan air menjaga tangan Anda tetap kering dan hangat. Carilah sarung tangan dengan lapisan kedap air guna mencegah air masuk ke dalam sarung tangan. Faktor lain yang tidak kalah penting adalah sarung tangan tahan air ini harus mampu mempertahankan cengkeraman yang kuat pada kontrol setang sepeda motor Anda. 

3. Set Jas Hujan

Sebagian orang memilih untuk menggunakan jas hujan jenis ponco, dikarenakan faktor kemudahan dan dapat digunakan bersama dengan orang yang dibonceng.  Namun perlu Anda ketahui, jas hujan jenis ponco rawan tersangkut pada bagian rantai atau roda motor. Selain itu jas hujan ponco juga tidak memberikan perlindungan yang cukup baik bagi kaki Anda. Siapkan set jas hujan yang juga dilengkapi dengan celana, agar lebih aman saat digunakan berkendara dalam kondisi hujan.

4. Helm dengan Pelindung Antifogging Pinlock

Kabut atau embun yang muncul pada kaca helm adalah masalah umum bagi pengendara dalam kondisi hujan. Proses ini terjadi karena adanya perbedaan suhu antara napas Anda dengan udara dingin saat hujan. Siapkan helm dengan pelindung antifogging pinlock untuk mencegah munculnya kabut atau embun di kaca atau visor helm ketika berkendara saat hujan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan visibilitas yang dapat terganggu saat  bernapas menggunakan helm dalam kondisi hujan.

5. Pelapis Tahan Air atau Tas Tahan Air

Untuk menjaga barang bawaan Anda tetap kering ketika berkendara saat hujan, persiapkan pelapis tahan air atau tas tahan air. Jika sepeda motor Anda dilengkapi dengan tas pelana atau bagasi, pertimbangkan untuk berinvestasi pelapis tahan air agar  memberi perlindungan ekstra pada barang Anda di dalam bagasi. Sedangkan bagi sepeda motor yang tidak dilengkapi bagasi, tas tahan air bisa menjadi opsi yang cocok untuk digunakan saat membawa barang Anda ketika berkendara dalam kondisi hujan. Demi keselamatan Anda dan pengendara lain, sebaiknya saat kondisi hujan hindari membawa barang bawaan terlalu banyak. 

6. Sarung Penutup Motor Anti Air

Ketika Anda tidak sedang berkendara, sepeda motor Anda tetap membutuhkan perlindungan dari berbagai kondisi cuaca. Sarung penutup motor anti air dapat melindungi sepeda motor Anda dari hujan dan kelembapan. Selain itu, sarung ini berfungsi untuk mencegah air merembes ke dalam komponen-komponen penting motor Anda. Carilah sarung penutup dengan pengikat yang aman untuk menahan angin dan hujan. Dan pastikan sarung penutup tersebut pas dengan ukuran motor Anda.

Berkendara di musim hujan membutuhkan perlengkapan yang lebih dari sekadar jas hujan. Dengan mempersiapkan perlengkapan penting di atas, diharapkan Anda siap untuk menghadapi petualangan berkendara di musim hujan dengan aman di jalan. Untuk memberikan perlindungan maksimal bagi Anda saat mengendarai motor di musim hujan, persiapkan Asuransi Kecelakaan Diri dari MSIG Indonesia. Dapatkan informasi lebih lanjut seputar produk Asuransi Kecelakaan Diri pada link berikut https://www.msig.co.id/id/help-support#productenquiry untuk dapat segera dibantu oleh tenaga pemasaran kami.

Beli sekarang

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Vesak Celebration: Remembering the Life of Buddha in Five Countries in the Americas
 · Perjalanan

Jelajahi bagaimana lima negara di Amerika merayakan Waisak.

Dealing with Extreme Hot Weather: Tips Caring for Your Car Glass
 · Kendaraan

Pelajari tip penting untuk melindungi kaca mobil Anda dalam cuaca panas yang ekstrem.

Bali Mengalami <cite>Overtourism</cite>? Berikut Lima Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Bali
 · Perjalanan

Jelajahi lima destinasi wisata menakjubkan di Indonesia yang menawarkan pengalaman serupa dengan Bali.