Tanya Jawab

Beberapa Istilah Asuransi

Q: Apa yang dimaksud dengan bancassurance? 
A: 
Bancassurance adalah penjualan produk asuransi di sebuah bank. Istilah tersebut merupakan penggabungan antara "bank" dan "Assurance" (asuransi), yang berarti layanan perbankan dan asuransi yang disediakan oleh entitas perusahaan yang sama.

Q: Apa yang dimaksud dengan klaim? 
A: 
Klaim adalah permintaan oleh pemegang polis asuransi untuk mendapatkan kompensasi berdasarkan suatu kontrak asuransi. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Asuransi? 
A: 
Asuransi adalah pengalihan risiko potensi kerugian dari satu entitas ke entitas yang lain, dengan imbalan premi. Merupakan janji untuk memberikan penggantian kerugian dalam kasus kehilangan/kerugian. 
Penanggung adalah Perusahaan yang menjual Asuransi.

Q: Apakah perbedaan antara Asuransi Umum dengan Asuransi Jiwa?
A: Asuransi jiwa memberikan pembayaran sejumlah uang atas kematian tertanggung. Hal ini juga dapat digunakan sebagai sarana investasi atau tabungan.  

Asuransi umum, atau asuransi non-jiwa, memberikan pembayaran atas kerugian akibat dari suatu peristiwa kerugian keuangan tertentu. Umumnya terdiri dari asuransi yang tidak termasuk dalam kelompok asuransi jiwa seperti asuransi kendaraan bermotor, rumah, konstruksi dan kargo. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Premi? 
A: 
Premi adalah pembayaran sekaligus ataupun secara berkala oleh pemegang polis untuk memperoleh manfaat jaminan polis asuransi.

Q: Apakah yang dimaksud dengan Pemegang Polis?
A: 
Pemegang Polis adalah tertanggung yang namanya tertulis dalam polis asuransi. Pemegang polis membayar premi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan atas perlindungan asuransi yang diberikan oleh polis asuransi. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Reasuransi? 
A: 
Reasuransi adalah asuransi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk menyebarkan risiko yang ditanggungnya sebagai penanggung langsung. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Manajemen Risiko? 
A: 
Manajemen risiko adalah sarana untuk identifikasi dan penilaian risiko yang komprehensif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman di bidang ilmu alam, teknologi, ekonomi dan statistik. 

Q: Apa yang dimaksud dengan underwriting? 
A: 
Dalam asuransi, seorang underwriter menilai risiko dan eksposur dari calon pemegang polis. Underwriter memutuskan luas jaminan, berapa harga yang dibebankan kepada pemegang polis untuk itu, atau apakah perusahaan asuransi akan menerima risiko yang dipertanggungkan atau tidak. Underwriting meliputi pengukuran eksposur risiko dan penetapan besaran premi.

Wabah Virus COVID-19

Diperbarui pada 18 Maret 2020

Bagi MSIG, Anda adalah pusat dari segalanya, dan Anda merupakan tujuan utama dibalik setiap layanan terbaik yang kami upayakan.

Seiring dengan diumumkannya pandemi COVID-19 oleh WHO beberapa waktu lalu dan melihat tantangan yang muncul terhadap ekonomi nasional dan dunia kedepan, Asuransi MSIG Indonesia telah secara aktif melakukan langkah-langkah guna memutus mata rantai penyebaran virus dengan menghimbau seluruh karyawan untuk terus menjaga kebersihan diri sendiri serta menunda perjalanan bisnis dan pribadi.

Lebih lanjut, efektif dimulai pada hari Kamis, 19 Maret 2020 secara bergantian karyawan kami telah bekerja dari rumah sebagai bagian dari rencana kesinambungan bisnis.

Langkah-langkah yang kami lakukan adalah semata-mata untuk memastikan agar tim kami dan orang-orang yang berinteraksi dengan mereka tetap terjaga kesehatannya karena Asuransi MSIG Indonesia berkomitmen untuk memberikan lingkungan kerja yang aman dan kondusif bagi para karyawannya serta tetap mengedepankan kualitas pelayanan yang baik bagi Pelanggan.

Selama pelaksanaannya, Asuransi MSIG Indonesia berkomitmen penuh untuk menjaga kualitas layanan dan akan terus bekerja secara efektif untuk senantiasa selalu siap membantu Anda.

 


 

Terkait dengan perkembangan situasi saat ini, Anda dapat menemukan beberapa penjelasan tentang jaminan polis Asuransi Perjalanan dalam hal Pengurangan dan Pembatalan Perjalanan. 

Q: Apakah polis asuransi perjalanan MSIG akan menanggung klaim atau gangguan perjalanan yang disebabkan COVID-19?

A: Dalam jaminan Pengurangan Perjalanan polis Asuransi Perjalanan MSIG akan memberikan perlindungan atas kehilangan uang saku perjalanan dan/atau biaya akomodasi yang tidak dipergunakan, yang mana telah dibayarkan di muka, di mana Anda berkewajiban secara hukum dan tidak dapat dikembalikan dari sumber mana pun apabila Anda harus meninggalkan perjalanan dan kembali ke Indonesia setelah perjalanan dimulai karena hal berikut:

  1. Cedera Fisik yang Serius atau Penyakit Serius, termasuk COVID-19, yang diderita Tertanggung, Anggota Keluarga Langsung Tertanggung, Rekan Kerja, atau Teman Perjalanan;
  2. Terjadinya pemogokan, kerusuhan, huru hara yang tidak diduga sebelumnya, kondisi cuaca yang merugikan di tempat tujuan yang direncanakan yang mencegah Tertanggung untuk melanjutkan jadwal perjalanannya;
  3. Kerusakan parah yang dialami oleh rumah tinggal Tertanggung di Indonesia yang diakibatkan oleh kebakaran, banjir, atau pencurian.

Q: Saya memiliki rencana perjalanan ke Cina (dengan yang bersangkutan sehat dan tidak terdampak COVID-19). Apakah saya bisa melakukan klaim biaya pembatalan perjalanan dari polis asuransi perjalanan yang dibeli sebelumnya?

A: Jaminan pembatalan perjalanan akan mengganti kerugian biaya perjalanan dan/atau akomodasi yang telah dibayarkan di awal dan tidak dapat dikembalikan dari sumber mana pun jika Anda harus membatalkan perjalanan dalam waktu tiga puluh hari (30) sebelum tanggal perjalanan Anda dimulai sebagai akibat dari:

  1. Meninggal, Cedera Tubuh yang Serius atau Penyakit Serius, termasuk COVID-19,  yang diderita Tertanggung, Anggota Keluarga Langsung Tertanggung, Rekan Kerja, atau Teman Perjalanan;
  2. Panggilan untuk menjadi saksi di pengadilan, melakukan tugas sebagai juri pengadilan atau karantina yang wajib dilakukan Tertanggung;
  3. Kondisi cuaca yang merugikan di tempat tujuan yang direncanakan yang timbul dari situasi di luar kendali Tertanggung dalam waktu satu minggu sebelum tanggal keberangkatan;
  4. Kerusakan parah yang dialami rumah tinggal Tertanggung di Indonesia yang diakibatkan oleh kebakaran, banjir, atau pencurian dalam waktu satu minggu sebelum tanggal keberangkatan.

Jaminan tidak akan berlaku apabila perjalanan dibatalkan lebih dari 30 (tiga puluh) hari sebelum tanggal awal perjalanan.

Informasi tentang PT. Asuransi MSIG Indonesia

Q: Apakah kepanjangan dari MSIG? 
A: MSIG singkatan dari Mitsui Sumitomo Insurance Group. Aspirasi grup usaha kami adalah untuk menjadi Grup Asuransi Internasional No 1 di dunia dan nama ini mencerminkan jaringan Grup yang saat ini meliputi lebih dari 40 negara dan 24.000 karyawan di seluruh dunia.

Q: Anda telah melalui begitu banyak proses penggabungan (merger) dan perubahan nama. Apa alasan utamanya? 
A: Ya, kami telah melalui sejumlah proses penggabungan (merger) / perubahan nama dan setiap kali keputusan itu dibuat berdasarkan proporsi bisnis yang sangat kuat.

Q: Siapa yang mengasuransikan saya sekarang?
A: Anda telah diasuransikan kepada PT. Asuransi MSIG Indonesia. Anda dapat menyebut kami MSIG Indonesia.