Tanya Jawab

Beberapa Istilah Asuransi

Q: Apa yang dimaksud dengan bancassurance? 
A: 
Bancassurance adalah penjualan produk asuransi di sebuah bank. Istilah tersebut merupakan penggabungan antara "bank" dan "Assurance" (asuransi), yang berarti layanan perbankan dan asuransi yang disediakan oleh entitas perusahaan yang sama.

Q: Apa yang dimaksud dengan klaim? 
A: 
Klaim adalah permintaan oleh pemegang polis asuransi untuk mendapatkan kompensasi berdasarkan suatu kontrak asuransi. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Asuransi? 
A: 
Asuransi adalah pengalihan risiko potensi kerugian dari satu entitas ke entitas yang lain, dengan imbalan premi. Merupakan janji untuk memberikan penggantian kerugian dalam kasus kehilangan/kerugian. 
Penanggung adalah Perusahaan yang menjual Asuransi.

Q: Apakah perbedaan antara Asuransi Umum dengan Asuransi Jiwa?
A: Asuransi jiwa memberikan pembayaran sejumlah uang atas kematian tertanggung. Hal ini juga dapat digunakan sebagai sarana investasi atau tabungan.  

Asuransi umum, atau asuransi non-jiwa, memberikan pembayaran atas kerugian akibat dari suatu peristiwa kerugian keuangan tertentu. Umumnya terdiri dari asuransi yang tidak termasuk dalam kelompok asuransi jiwa seperti asuransi kendaraan bermotor, rumah, konstruksi dan kargo. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Premi? 
A: 
Premi adalah pembayaran sekaligus ataupun secara berkala oleh pemegang polis untuk memperoleh manfaat jaminan polis asuransi.

Q: Apakah yang dimaksud dengan Pemegang Polis?
A: 
Pemegang Polis adalah tertanggung yang namanya tertulis dalam polis asuransi. Pemegang polis membayar premi kepada perusahaan asuransi sebagai imbalan atas perlindungan asuransi yang diberikan oleh polis asuransi. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Reasuransi? 
A: 
Reasuransi adalah asuransi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi untuk menyebarkan risiko yang ditanggungnya sebagai penanggung langsung. 

Q: Apa yang dimaksud dengan Manajemen Risiko? 
A: 
Manajemen risiko adalah sarana untuk identifikasi dan penilaian risiko yang komprehensif berdasarkan pengetahuan dan pengalaman di bidang ilmu alam, teknologi, ekonomi dan statistik. 

Q: Apa yang dimaksud dengan underwriting? 
A: 
Dalam asuransi, seorang underwriter menilai risiko dan eksposur dari calon pemegang polis. Underwriter memutuskan luas jaminan, berapa harga yang dibebankan kepada pemegang polis untuk itu, atau apakah perusahaan asuransi akan menerima risiko yang dipertanggungkan atau tidak. Underwriting meliputi pengukuran eksposur risiko dan penetapan besaran premi.

Informasi tentang PT. Asuransi MSIG Indonesia

Q: Apakah kepanjangan dari MSIG? 
A: MSIG singkatan dari Mitsui Sumitomo Insurance Group. Aspirasi grup usaha kami adalah untuk menjadi Grup Asuransi Internasional No 1 di dunia dan nama ini mencerminkan jaringan Grup yang saat ini meliputi lebih dari 40 negara dan 24.000 karyawan di seluruh dunia.

Q: Anda telah melalui begitu banyak proses penggabungan (merger) dan perubahan nama. Apa alasan utamanya? 
A: Ya, kami telah melalui sejumlah proses penggabungan (merger) / perubahan nama dan setiap kali keputusan itu dibuat berdasarkan proporsi bisnis yang sangat kuat.

Q: Siapa yang mengasuransikan saya sekarang?
A: Anda telah diasuransikan kepada PT. Asuransi MSIG Indonesia. Anda dapat menyebut kami MSIG Indonesia.