Tahukah Anda? Perbedaan Antara Pusat Layanan Perbaikan Resmi dan Bukan Resmi untuk Servis Gadget Bermasalah

Did You Know? The Difference Between Authorized and Unauthorized Service Center for Troubled Gadgets

Dalam kehidupan sehari-hari saat ini, gadget merupakan kebutuhan yang sangat fundamental untuk menunjang pekerjaan dan gaya hidup. Apabila gadget mengalami kerusakan, tentunya sangat mengganggu aktivitas, termasuk juga mengganggu sisi finansial dan waktu. Gadget dengan merek dagang ternama tentunya memiliki pusat pelayanan perbaikan resmi yang banyak tersedia dan mudah dijangkau, namun dibalik kemudahan tersebut pasti diikuti dengan biaya pelayanan perbaikan yang tidak murah. Oleh karena itu, muncul pusat pelayanan perbaikan yang bukan resmi yang bisa menjadi pilihan lain.

Berikut adalah perbedaan pusat pelayanan perbaikan resmi dengan bukan resmi:

1. Pusat Pelayanan Perbaikan Resmi

Pusat pelayanan perbaikan yang disediakan oleh perusahaan merek dagang terkait, sebagai bentuk pelayanan setelah penjualan.

a. Kelebihan

  • Penyediaan suku cadang asli dan lengkap. Suku cadang asli ini secara kualitas dan kompatibilitas lebih terjamin.
  • Tenaga kerja berstandar profesional oleh merek dagang tersebut.
  • Memiliki waktu standar pengerjaan. Terdapat penetapan prosedur perbaikan yang tepat, penggunaan peralatan khusus, dan kepatuhan kerja.
  • Reputasi dan kepercayaan. Sebagai mitra resmi, reputasi citra perusahaan dan kepercayaan pelanggan menjadi hal yang diutamakan sehingga memberikan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan adalah suatu keharusan. 
  • Garansi dan jaminan. Pelanggan dapat mengajukan klaim garansi dan mendapatkan perbaikan atau penggantian suku cadang kembali jika terjadi kesalahan atas perbaikan awal.

b. Kekurangan

  • Hanya untuk merek dagang tertentu saja.
  • Biaya perbaikan biasanya relatif mahal. Hal ini dikarenakan penggantian komponen per modul, misalnya mainboard, LCD, dan lainnya. Lalu juga ada biaya tambahan pengecekan gadget untuk mengetahui secara jelas kerusakaan yang terjadi dan servis yang harus dilakukan. Namun, tetap biaya servis akan tergantung dari kerusakan yang dialami. 
  • Untuk beberapa merek dagang, tidak melayani garansi barang yang dibeli di luar area cakupan, misalnya jika beli di luar Indonesia dan lainnya.

2. Pusat Pelayanan Perbaikan Bukan Resmi

Tempat perbaikan di luar dari pusat pelayanan perbaikan resmi dari merek dagang terkait sebagai pilihan lain untuk segala kerusakan pada unit.

a. Kelebihan

  • Biaya jasa/tarif perbaikan lebih murah, tergantung jenis kerusakan yang dialami.
  • Menyediakan suku cadang tidak asli dengan harga yang lebih murah.
  • Waktu pengerjaan bisa lebih cepat karena suku cadang dan waktu pengerjaan yang fleksibel.
  • Melayani semua merek unit, baik yang masih bergaransi maupun tidak.

b. Kekurangan

  • Tidak mendapat dukungan pihak produsen unit. Dengan tidak terstandarisasinya proses perbaikan dapat mengakibatkan kerusakan pada saat proses perbaikan dan setelah perbaikan.
  • Tidak semua tenaga servis profesional.
  • Perlengkapan dan peralatan yang seadanya.
  • Garansi setelah perbaikan tidak mempunyai standar garansi/jaminan, tergantung dari kebijakan masing-masing pusat pelayanan perbaikan bukan resmi.

Dari dua kategori di atas, dapat dikatakan bahwa pusat pelayanan perbaikan resmi memiliki reputasi dan standar jaminan yang jelas, namun banyak juga pusatpelayanan perbaikan bukan resmi yang berkualitas dan dapat diandalkan. Sebelum Anda memutuskan akan servis gadget dimana, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan Anda serta kelebihan dan kekurangan yang ditawarkan oleh masing-masing pusat pelayanan perbaikan.

Semoga informasi di atas dapat memperkaya informasi Anda terkait dengan perbedaan antara pusat layanan perbaikan resmi dan bukan resmi untuk servis gadget bermasalah. Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai produk-produk asuransi dari MSIG Indonesia, silakan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan senang untuk membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Tahukah Anda? Risiko Kebakaran di Bangunan Gudang - Sumber Panas

Pahami faktor risiko kebakaran yang terkait dengan bangunan gudang dan sumber panas.

Tahukah Anda? Risiko Pencurian di Gudang

Temukan potensi risiko pencurian di gudang.

Tahukah Anda? Pertimbangan untuk Menetapkan Periode Pertanggungan pada Polis Asuransi Gangguan Usaha

Ketahui faktor-faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat menentukan periode ganti rugi untuk asuransi gangguan usaha.