MTR: Ketika perlindungan terhadap keanekaragaman hayati tercakup dalam kebijakan korporasi

< Kembali ke beranda keanekaragaman hayati

MTR: Ketika perlindungan terhadap keanekaragaman hayati tercakup dalam kebijakan korporasi

Perusahaan yang menciptakan perbedaan


How to stay productive when working from home

Sejak didirikan pada tahun 1975, MTR Corporation Limited (atau MTR) telah menjalankan berbagai aktivitas bisnis, terutama Pengoperasian Kereta Api di Hong Kong, serta pengembangan properti, layanan telekomunikasi, layanan konsultasi internasional dan periklanan.

Selama bertahun-tahun, perusahaan ini telah berusaha untuk menjalankan kegiatan operasional dengan cara yang dapat dipertanggungjawabkan, menggunakan sumber daya alam secara efisien dan berkontribusi secara positif terhadap pengembangan komunitas mereka. Paling utama adalah memandu Kebijakan Tanggung Jawab Perusahaan yang bertujuan untuk melindungi habitat alami yang penting dan memelihara keanekaragaman hayati di dalam wilayah tempat perusahaan ini beroperasi.

Pengelolaan keanekaragaman hayati di Lahan Basah Lok Ma Chau

Lahan Basah Lok Ma Chau

Ketika membangun jalur rel yang baru, perusahaan ini telah mematuhi seluruh persyaratan dan peraturan hukum yang terkait dengan keanekaragaman hayati secara ketat. Secara khusus, mereka telah melakukan perawatan istimewa terhadap berbagai habitat alami di bawah pengawasan mereka serta beberapa wilayah yang memiliki tingkat sensitivitas ekologi yang tinggi. Lahan Basah Lok Ma Chau merupakan contoh yang baik tentang pengelolaan keanekaragaman hayati yang berhasil dilakukan bersamaan dengan pembangunan rel. Sejak tahun 2007, MTR mengambil alih pengelolaan Lahan Basah Lok Ma Chau, suatu area seluas 32 hektar. Dinamakan Lok Ma Chau Ecological Enhancement Area atau Area Peningkatan Ekologi Lok Ma Chau, wilayah ini terdiri dari 3 bagian utama, yaitu Reedbed (bedeng gelagah), Marshland (tanah rawa), dan Fishpond (kolam ikan).

Spesies burung yang terancam punah di dunia

Berbagai upaya luar biasa telah dilakukan untuk menarik perhatian burung-burung agar dapat menjadi penghuni dan berkembang biak di wilayah tersebut. Beberapa di antara upaya-upaya tersebut termasuk pembangunan platform apung, pendistribusian ikan kecil sebagai makanan burung, penanaman pohon buah dan semak belukar, penyiangan gulma, tanaman dan hama beracun, pembuatan kotak sarang untuk penangkaran burung dan banyak lagi.

hasil dari upaya-upaya ini, menurut pengamatan, ada 270 spesies burung yang telah ditemukan di lahan basah, termasuk Black-Faced Spoonbill (burung ibis sendok berwajah hitam), sejenis spesies yang terancam punah. Selain itu, selama musim kawin tahun 2019, ditemukan lebih dari 150 pasang burung yang mewakili 6 spesies berbeda. Lahan basah juga menampung capung, reptil, mamalia, dan amfibi, termasuk hewan-hewan yang termasuk dalam klasifikasi terancam punah, rentan, dan hampir terancam punah.

Konservasi ekologi perkotaan

How to stay productive when working from home
Konservasi pohon purba

Dalam pembangunan Island Line Extension ke Distrik Barat, MTR telah berusaha untuk mengurangi dampak ekologisnya terhadap masyarakat di sekitar dan lingkungan perkotaan sambil melestarikan warisan alam dan budaya yang memungkinkan. Di Jalan Forbes dalam Kota Kennedy, terdapat pohon-pohon besar berusia seabad yang mengagumkan, yang terdiri dari 22 Beringin Cina dan lima pohon ara Jepang (empat di antaranya terdaftar sebagai 'Pohon Tua dan Berharga' oleh pemerintah Hong Kong) yang dilestarikan. pohon-pohon besar ini adalah sebagian dari pohon tertua dan terbesar di Hong Kong yang memiliki nilai ekologi dan sejarah yang tinggi.

Setelah lebih dari 100 pertemuan konsultasi dengan masyarakat lokal dan pemerintah tentang pelestarian pohon-pohon besar yang bernilai tinggi, Stasiun Kota Kennedy yang sebelumnya diusulkan untuk dibangun dipindahkan dari lokasi aslinya di Jalan Forbes ke bagian bawah lokasi bekas Kolam Renang Kota Kennedy.

Sebagai hasil dari upaya tersebut, MTR berhasil mengembangkan program konservasi yang kuat untuk pohon-pohon besar di Jalan Forbes selama pembangunan Stasiun Kota Kennedy. Pengalaman ini juga telah memberi kesempatan kepada korporasi untuk menetapkan standar baru bagi pelestarian warisan alam dan perlindungan pohon untuk proyek-proyek di masa yang akan datang.

Merangkul berbagai tantangan di masa yang akan datang

Dalam menyambut masa depan, MTR bertujuan untuk memperkuat hubungan mereka dengan masyarakat, tetap tangguh dalam menghadapi lingkungan yang terus berubahdan memperkuat reputasi MTR sebagai perusahaan mass transit railway (angkutan cepat) yang aman, andal, dan efisien.

Konten dalam artikel feature ini diberikan oleh MTR Corporation Limited

Anda mungkin tertarik pada artikel lainnya