Tahukah Anda? - Mengapa Perlu Membeli Asuransi Pengangkutan Barang (Bagian 1)

Tahukah Anda? - Mengapa Perlu Membeli Asuransi Pengangkutan Barang (Bagian 1)

Asuransi Pengangkutan Barang dan Tanggung Jawab Pengangkut adalah dua konsep berbeda yang terkait dengan pengangkutan barang, khususnya dalam konteks pelayaran laut. Mereka melayani tujuan yang berbeda dan memberikan jenis perlindungan yang berbeda. Mengetahui perbedaan antara Asuransi Pengangkutan Barang dan Tanggung Jawab Pengangkut sangat penting untuk membuat keputusan yang tepat mengenai manajemen risiko, mematuhi persyaratan kontrak, dan memastikan perlindungan yang memadai untuk barang yang dikirim. Berikut adalah perbedaan utama antara Asuransi Pengangkutan Barang dan Tanggung Jawab Pengangkut. Mari kita jelajahi setiap istilah:

Asuransi Pengangkutan Barang

Definisi
Asuransi Pengangkutan Barang adalah jenis asuransi yang memberikan pertanggungan atas kehilangan atau kerusakan barang selama transit melalui laut, udara, atau darat. Asuransi ini melindungi kepentingan pemilik kargo (biasanya penjual atau pembeli barang) dari berbagai risiko, seperti pencurian, kerusakan, atau kehilangan selama pengangkutan.

Pertanggungan
Asuransi Pengangkutan Barang biasanya mencakup berbagai risiko, termasuk namun tidak terbatas pada kecelakaan, tenggelam, kebakaran, pembajakan, dan kejadian tak terduga lainnya. Cakupannya dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik pemilik kargo.

Pihak yang Terlibat
Polis biasanya diambil oleh pemilik kargo, yang membayar premi kepada perusahaan asuransi. Apabila terjadi klaim, pemilik kargo dapat mengajukan klaim kepada pihak asuransi untuk meminta ganti rugi atas kehilangan atau kerusakan barang.

Tanggung Jawab Pengangkut

Definisi
Tanggung Jawab Pengangkut mengacu pada tanggung jawab hukum penyedia layanan transportasi (seperti perusahaan pelayaran, maskapai penerbangan, atau perusahaan angkutan truk) atas barang yang diangkut. Tanggung jawab ini seringkali terbatas dan diatur oleh konvensi internasional dan hukum nasional.

Cakupan
Pengangkut bertanggung jawab atas pengiriman barang secara aman namun mungkin tidak bertanggung jawab atas risiko atau kejadian tertentu di luar kendali mereka, yang dikenal sebagai "bahaya yang dikecualikan". Besarnya tanggung jawab pengangkut dapat bervariasi berdasarkan moda transportasi dan peraturan yang berlaku.

Keterbatasan
Tanggung Jawab Pengangkut seringkali terbatas pada jumlah tertentu per unit berat atau jumlah tetap per paket, sebagaimana diatur dalam kontrak transportasi dan konvensi internasional (misalnya, Peraturan Hague-Visby untuk transportasi laut).

Perbedaan Utama antara Asuransi Pengangkutan Barang dan Tanggung Jawab Pengangkut

Cakupan
Pertanggungan Asuransi Pengangkutan Barang memberikan cakupan yang lebih luas, melindungi terhadap berbagai risiko, termasuk risiko yang berada di luar kendali pengangkut. Sebaliknya, Tanggung Jawab Pengangkut lebih terbatas dan mungkin tidak mencakup peristiwa tertentu atau mungkin memiliki batasan yang telah ditentukan sebelumnya.

Pihak yang Bertanggung Jawab
Asuransi Pengangkutan Barang biasanya menjadi tanggung jawab pemilik kargo yang membeli asuransi. Tanggung Jawab Pengangkut adalah tanggung jawab hukum penyedia layanan transportasi.

Proses Klaim
Jika terjadi kerusakan atau kehilangan, pemilik kargo akan mengajukan klaim kepada perusahaan asuransi untuk Asuransi Pengangkutan Barang. Sebaliknya, untuk Tanggung Jawab Pengangkut, pemilik kargo mungkin perlu mengajukan klaim terhadap pengangkut sesuai dengan ketentuan yang diuraikan dalam kontrak pengangkutan atau peraturan terkait.

Dalam praktiknya, pengirim barang sering kali mempertimbangkan Asuransi Pengangkutan Barang dan Tanggung Jawab Pengangkut untuk memastikan cakupan komprehensif atas barang-barang mereka selama pengangkutan. Mengingat ada banyak risiko yang terlibat selama proses pengiriman, penting untuk melengkapi pengiriman Anda dengan perlindungan asuransi yang memadai. Asuransi ini dapat membantu Anda melindungi risiko utama yang dihadapi bisnis Anda sekaligus memastikan bahwa Anda dapat mendapatkan ketenangan pikiran dalam menjalankan operasional bisnis.

Semoga informasi di atas dapat memperkaya wawasan Anda mengenai pentingnya Asuransi Pengangkutan Barang dan perbedaannya dengan Tanggung Jawab Pengangkut. Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan polis, silakan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan senang untuk membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Tahukah Anda? Pentingnya Memasang Dashcam

Ketahui pentingnya memasang dashcam pada kendaraan.

Tahukah Anda? MSIG Klaim Online

Jelajahi kenyamanan dan kemudahan proses klaim online MSIG.

Tahukah Anda? Kode pada Ban Kendaraan

Buka wawasan berharga tentang pentingnya kode pada ban kendaraan.