Gambar

Biodiversity Protection

Gambar

Biodiversity Protection

Gambar

Ecosystems and us

Gambar

Ecosystems and us

Gambar

What is biodiversity

Gambar

What is biodiversity

Gambar

Partnership Slide - Inner page

Gambar

Partnership Slide - Inner page

Biodiversity

Kami sedang mewujudkan perlindungan terhadap keanekaragaman hayati sebagai bagian dari misi kami

Di MSIG, kami berupaya untuk berkontribusi terhadap perkembangan masyarakat yang dinamis dan membantu memastikan masa depan yang sehat bagi planet kita, menciptakan keselamatan dan ketenangan pikiran. Sebagai perusahaan asuransi yang melihat arti lebih dalam segala hal, kami menyadari bahwa perlindungan terhadap keanekaragaman hayati bersifat fundamental untuk mengembangkan ekosistem, karena ekosistem ini merupakan penyedia sumber daya vital seperti makanan, air dan obat-obatan. Inilah kunci untuk memastikan masyarakat yang berkelanjutan serta keberlangsungan hidup kita.

Saksikan dan temukan bagaimana kemitraan baru ini akan membantu menjamin masa depan yang berkelanjutan.

Anda juga bisa mengakses lebih banyak video yang berhubungan dengan keanekaragaman hayati dalam playlist kami di YouTube.

Kemitraan dengan
Conservation International
Asia-Pacific

Di MSIG, kami bermitra dengan Conservation International Asia-Pacific (CIAP) untuk melindungi keanekaragaman hayati dengan cara mendukung konservasi hutan dan laut. Investasi ini mendukung solusi iklim alami. Alam memberi solusi sebesar 30% untuk mengurangi perubahan iklim dengan cara membantu menghilangkan atau menghindari emisi karbon.

Cari tahu lebih lanjut
partners
partners
&nbps;

Bagaimana kami membuat perbedaan di Asia

300,000
pohon ditanam di lahan seluas 350 hektar
185
rumah tangga diberi pelatihan tentang metode penanaman
337
siswa dididik tentang keanekaragaman hayati dan lingkungan
97,057
benih didistribusikan untuk mendorong penghijauan di antara masyarakat setempat
165
guru diberi pelatihan tentang pendidikan lingkungan
23
spesies burung tambahan didokumentasikan
21,300
bayi bakau ditanam
22
sekolah berpartisipasi dalam pendidikan lingkungan
9
spesies kupu-kupu tambahan didokumentasikan

Ekosistem dan kita:
Keterhubungan alam

Melindungi ekosistem dalam skala besar adalah jaminan yang diperlukan oleh planet ini untuk mengurangi risiko kita terhadap kerugian akibat bencana. Suatu ekosistem merupakan area geografis tempat tumbuhan, hewan, dan organisme lainnya, serta cuaca dan bentang alam, saling berinteraksi. Keseluruhan permukaan Bumi merupakan serangkaian ekosistem yang saling terhubung. Makin beragam suatu ekosistem, makin produktif ekosistem tersebut.

Klik pada masing-masing ekosistem di sisi kanan untuk mengetahui lebih lanjut.

 
Bakau
Laut
Hutan

Keterhubungan alam:

Ekosistem
hutan

Hutan merupakan ekosistem biologis di Bumi yang paling beraneka ragam. Hutan hujan tropis adalah rumah bagi banyak spesies jika dibandingkan dengan habitat terestrial lainnya, dan mereka semua saling terhubung - baik untuk makanan, pertumbuhan, kelangsungan hidup, dan banyak lagi.

Sebagai contoh:

Hutan menyediakan rumah bagi hewan.
Sebagian hewan ini memakan tumbuhan.
Tumbuhan perlu tanah yang sehat untuk tumbuh.
Jamur membantu menguraikan zat organik untuk menyuburkan tanah.

Di sini kita melihat bagaimana hutan, trenggiling Sunda, dan rayap saling terhubung, serta bagaimana hutan menimbulkan dampak pada umat manusia.

Dalam ekosistem hutan, ada beragam spesies yang meliputi tumbuhan, bakteri, jamur, serangga, burung, reptil, amfibi, dan mamalia seperti siamang, elang, macan tutul, kungkang, dan banyak lagi. Hutan seluas satu kilometer persegi bisa menampung lebih dari 1.000 spesies.

 
 

Yang tinggal di dalam hutan Asia Tenggara adalah trenggiling Sunda yang mendekati ambang kepunahan. Trenggiling mengonsumsi sebanyak 70 juta serangga per tahun, terutama rayap.

 
 

Tanpa trenggiling Sunda, populasi rayap akan melonjak.

Populasi rayap yang besar akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan hutan. Hal ini akan berdampak pada kegiatan pertanian oleh masyarakat lokal, termasuk 1 dari 4 orang yang bergantung secara langsung pada hutan untuk penghidupan mereka.

 
 

Keterhubungan alam:

Ekosistem
laut

Ekosistem laut adalah yang terbesar di Bumi. Ekosistem laut terdiri dari berbagai spesies tumbuhan dan hewan yang memukau, seperti rumput laut, karang, ikan, pari, kura-kura, duyung, serta alga mikro, plankton, dan banyak lagi. Keberadaan individual mereka saling tergantung satu sama lain.

Sebagai contoh, perubahan suhu lautan akan berdampak pada spesies tumbuhan yang bisa tumbuh di sana. Hewan bergantung pada tumbuhan ini sebagai makanan dan tempat perlindungan yang diperlukan untuk beradaptasi terhadap berbagai perubahan ini, berpindah ke ekosistem lainnya, atau binasa. Demikian juga, perubahan ini akan menimbulkan konsekuensi yang signifikan bagi kita.

Dalam contoh ini, kita melihat bagaimana hiu memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan lautan.
 

 

Hiu memainkan peran penting dalam ekosistem sebagai predator puncak. Mereka juga berperan sebagai indikator untuk kesehatan lautan.

 
 
 
 
 

Hiu menjaga keseimbangan alami antara spesies yang bersaing, dan menghilangkan ikan yang lemah dan sakit dari populasi mangsa mereka. Ini memastikan kesehatan populasi ikan yang sehat, sehingga mereka tumbuh menjadi lebih besar, termasuk ikan yang disantap oleh manusia.

 
 
 
 

Dengan mempengaruhi habitat spasial dan kebiasaan makan mangsa mereka dan spesies lainnya, secara tidak langsung, hiu mempertahankan habitat rumput laut dan terumbu karang.

 
 
 
 
 
 
 

Keterhubungan alam:

Ekosistem
bakau

Bakau dianggap sebagai solusi iklim alami yang berpotensi mengurangi perubahan iklim - bakau menyimpan karbon dengan keefektifan tiga kali lipat jika dibandingkan dengan hutan terestrial, menyimpannya dalam tumbuhan dan sedimen, sehingga dikenal sebagai “karbon biru”. Bakau juga menahan jumlah karbon empat kali lipat dibandingkan dengan rata-rata hutan, meskipun bakau hanya meliputi 0,1% dari permukaan daratan Bumi.

Selain itu, ekosistem bakau merupakan ekosistem yang paling produktif dan beragam dari sisi biologis di planet ini. Bakau berperan sebagai habitat yang penting bagi kehidupan laut seperti kakap, hiu, duyung, kepiting, dan banyak lagi, yang saling bergantung satu sama lain untuk kelangsungan hidup.

Contoh ini menunjukkan bagaimana bakau menyediakan makanan untuk ikan karang.

Bakau adalah ekosistem yang sangat produktif, yang mendukung produksi nutrisi, ikan kecil dan plankton.

 
 
 

Tiap kali gelombang muncul, nutrisi tersapu ke luar hutan bakau, yang kemudian menjadi makanan bagi populasi plankton, dan bagi kelompok besar ikan kecil.

 
 
 
 

Populasi plankton dan ikan kecil bergerak ke luar melintasi karang dan dimakan oleh ikan karang lainnya, sampai kemudian dimakan oleh hiu paus yang besar.

 
 

Pusat Pengetahuan

Saksikan dan bacalah untuk mengetahui lebih lanjut tentang keanekaragaman hayati melalui video dan artikel ini yang membahas lebih dalam.

&nbps;

Apa yang telah kita pelajari tentang

KEANEKARAGAMAN HAYATI

Apa yang telah kita pelajari tentang

KEANEKARAGAMAN HAYATI

Kehidupan di Bumi terdiri dari jutaan spesies tumbuhan, hewan, serangga, dan mikroorganisme, yang tersebar di berbagai habitat yang berbeda — dari sungai dan hutan hujan hingga gurun dan lautan. Aneka ragam kehidupan yang luas inilah yang disebut sebagai keanekaragaman hayati (biodiversitas). ‘Bio’ berarti kehidupan, dan ‘diversitas’ berarti keragaman.

Mengapa biodiversitas penting bagi

MASA DEPAN KITA?

Mengapa biodiversitas penting bagi

MASA DEPAN KITA?

Dunia ini seperti jaring yang terdiri dari banyak untaian, tiap untaian mewakili spesies yang berbeda dalam ekositem, semuanya saling terhubung. Hutan adalah rumah bagi hewan. Hewan memakan tumbuhan. Lebah dan serangga lain membantu penyerbukan tumbuhan. Tumbuhan butuh tanah yang subur untuk tumbuh. Tanah disuburkan oleh jamur yang mengurai makhluk hidup. Tiap spesies, tak peduli sekecil apa pun, berperan dalam ekosistem alam dan menjaga planet yang dihuni lebih dari 7 miliar populasi manusia ini. Jika satu saja tautan terputus, seluruh jaring menjadi tidak stabil dan rentan.

Biodiversitas merupakan hal yang sangat mendasar bagi masyarakat berkembang dan penting untuk kestabilan bumi kita. Biodiversitas menjadi inti dari sistem pendukung kehidupan di bumi tempat kita semua bergantung. Ekosistem alam dan keanekaragaman hayati yang kaya sangat penting bagi kita, khususnya dalam menyediakan banyak hal menakjubkan dan berharga yang biasanya kita sepelekan:

biodiversity

Pasokan makanan yang stabil

biodiversity

Air bersih

biodiversity

Obat-obatan

biodiversity

Sumber oksigen

biodiversity

Kegiatan ekonomi

biodiversity

Cuaca yang stabil

biodiversity

Potensi bencana alam yang rendah

Mengapa biodiversitas

TERANCAM?

Mengapa biodiversitas

TERANCAM?

.

 

 

Selama 40 tahun terakhir, populasi mamalia, burung, ikan, reptil dan amfibi rata-rata telah menyusut hingga 60 persen*, dan mungkin semakin berkurang ke depannya. Sayangnya, penyebab utama berkurangnya biodiversitas secara tragis ini adalah kita—manusia.

 

Kita menggunduli hutan, melepaskan gas rumah kaca ke atmosfer, dan memenuhi sungai serta lautan dengan plastik dan bahan kimia berbahaya. Konsumsi sumber daya yang tidak bertanggung jawab dan pengembangan yang tidak ramah lingkungan juga telah membinasakan habitat alami berbagai spesies.

 

Hal ini juga mengakibatkan kian cepatnya pemanasan global dan memperburuk dampak bencana alam. Namun, meski manusia mungkin memang menjadi penyebab segala kerusakan tersebut, tentu saja kita juga bisa menjadi bagian dari solusi untuk mengatasinya.

* Sumber: Populasi margasatwa telah berkurang hingga 60% hanya dalam 40 tahun terakhir. (Laporan WWF Planet 2018)

Keanekaragaman hayati dan Anda

Ikuti kuis untuk menguji pengetahuan Anda tentang keanekaragaman hayati

Saksikan video edukasi kami, dan uji pengetahuan yang baru saja Anda peroleh.

Kurangi jejak karbon Anda

Apa saja jejak karbon Anda? Emisi karbon berasal dari pilihan gaya hidup Anda, seperti alat transportasi yang Anda gunakan, atau makanan yang Anda santap, yang berdampak terhadap iklim.

Temukan apa saja jejak karbon Anda dengan menggunakan kalkulator Conservation International, dan ketahui bagaimana cara menguranginya sekarang.

Berbagi tujuan bersama untuk melindungi keanekaragaman hayati

Temukan bagaimana para klien terpandang yang kami miliki mengembangkan serta menerapkan kebijakan dan praktik bisnis untuk melindungi keanekaragaman hayati dan membantu alam agar dapat berkembang dengan baik.

Thai Union: Komitmen Mendalam untuk Budidaya Ikan Tuna yang Berkelanjutan

Memastikan budidaya ikan tuna global yang berkelanjutan untuk generasi mendatang.

MTR: Ketika perlindungan terhadap keanekaragaman hayati tercakup dalam kebijakan korporasi

Mempertahankan keanekaragaman tumbuhan dan hewan di Lahan Basah Lok Ma Chau.