Tahukah Anda? - Mengapa Perlu Membeli Asuransi Pengangkutan Barang (Bagian 2)

Tahukah Anda? - Mengapa Perlu Membeli Asuransi Pengangkutan Barang (Bagian 2)

Batas Tanggung Jawab Pengangkut
Dalam konvensi Pengangkutan Barang Laut Internasional (The Hague-Visby Rules) menetapkan batas maksimum tanggung jawab pemilik kapal terhadap kerugian atau kerusakan kargo. Batas ini sering kali dihitung berdasarkan nilai kargo yang hilang atau rusak. 

Berikut adalah batas maksimum penggantian yang ditetapkan oleh The Hague-Visby Rules:

  1. Batas Maksimum pada Kargo yang Hilang atau Rusak: 666.67 Special Drawing Rights (SDR) per kargo (tidak termasuk ongkos angkut).
  2. Batas Maksimum pada Kargo yang Hilang atau Rusak pada Waktu dan Tempat Khusus: 2 SDR per kilogram atau jumlah yang setara untuk kerugian atau kerusakan pada kargo yang hilang atau rusak pada waktu dan tempat tertentu.
  3. Batas Maksimum pada Keterlambatan Pengiriman: 2 SDR per kilogram atau jumlah yang setara untuk keterlambatan pengiriman.

Penting untuk diingat bahwa SDR adalah satuan nilai yang ditetapkan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan nilainya dapat berfluktuasi tergantung pada nilai-nilai mata uang utama yang digunakan dalam perhitungan. Ketentuan-ketentuan ini diatur dalam Bab IV dan V Konvensi Pengangkutan Barang Laut Internasional (The Hague-Visby Rules).

Harap diperhatikan bahwa negara-negara dapat mengadopsi The Hague-Visby Rules dengan beberapa modifikasi atau dapat memilih untuk tidak menerapkannya. Oleh karena itu, dapat berguna untuk memeriksa teks hukum yang berlaku di yurisdiksi tertentu atau dokumen kontrak yang mendasari pengiriman kargo untuk mendapatkan informasi yang paling akurat dalam konteks spesifik. Dengan adanya pembatasan maksimum penggantian tersebut, pemilik kargo seringkali disarankan untuk mengamankan kepentingan kargo mereka guna melindungi nilai barang mereka melebihi batas maksimum yang ditetapkan oleh konvensi atau peraturan internasional.

Semoga informasi di atas dapat memperkaya wawasan Anda mengenai batas kewajiban penggantian pengangkut. Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan polis, silakan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan senang untuk membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Did You Know? - Material Facts

Pahami signifikansi fakta-fakta material dalam asuransi dan dampaknya pada cakupan polis.

Tahukah Anda? Bahaya Air Hujan yang Menempel di Kaca Mobil

Temukan dampak mengejutkan dari air hujan pada kaca depan Anda yang tidak boleh diremehkan.

Tahukah Anda? Surat Izin Alat (SIA) dan Surat Izin Operator (SIO) – Pengoperasian Forklift

Memahami pentingnya Surat Izin Alat Angkat (SIA) dan Surat Izin Operator (SIO) untuk pengoperasian forklift yang aman.