Tip agar Tidak Mudah Masuk Angin

Tips to Avoid Catching Masuk Angin

Masuk angin adalah istilah umum yang digunakan masyarakat Indonesia untuk menggambarkan kondisi mirip dengan perasaan tidak sehat, sering kali terkait dengan paparan udara dingin atau lembab. Namun menurut artikel lifestyle.kompas.com,  istilah masuk angin tidak dikenal dalam dunia medis. Meskipun bukan diagnosis medis, penting untuk mengambil langkah-langkah perlindungan terhadap kesehatan Anda pada kondisi cuaca tidak menentu agar mengurangi risiko mengalami gejala ini. Beberapa orang merasa sudah lega dari gejala masuk angin setelah melalui pengobatan herbal tradisional. Namun, agar  lebih terlindungi, berikut beberapa tip untuk membantu Anda agar tidak mudah terkena masuk angin:

  1. Pakaian yang Tepat
    Kenakan pakaian yang hangat dan berlapis untuk melindungi diri Anda dari kondisi udara dingin dan lembab. Gunakan perlengkapan anti-air seperti payung dan mantel hujan untuk tetap kering ketika hujan. Sebaliknya jika dalam kondisi panas, jangan kenakan pakaian yang terlalu tebal. Untuk menghindari potensi keluarnya keringat secara berlebihan.
  2. Badan Tetap Kering 
    Sebisa mungkin hindari kondisi badan basah kuyup. Pakaian yang basah dapat membuat Anda merasa kedinginan dan tidak nyaman, serta meningkatkan  risiko gejala masuk angin.
  3. Tingkatkan Kekebalan Tubuh
    Konsumsi makanan dengan gizi seimbang  yang kaya akan vitamin dan mineral untuk mendukung sistem kekebalan tubuh Anda, misalnya sayuran dan jahe.  Menurut artikel healthline.com, jahe memiliki senyawa kimia yang dipercaya bisa bereaksi positif di dalam lambung dan usus hingga mampu mengurangi mual dan nyeri seperti gejala masuk angin. 
  4. Tetap Terhidrasi
    Minumlah cukup air putih  untuk tetap terhidrasi. Hidrasi yang cukup sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.
  5. Jagalah Kebersihan
    Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, terutama sebelum makan atau menyentuh wajah. Kebersihan tangan yang baik dapat membantu mencegah penyebaran kuman ke dalam tubuh Anda. 
  6. Istirahat yang Cukup
    Pastikan Anda mendapatkan tidur dan istirahat yang cukup. Tubuh yang cukup istirahat lebih baik dalam melawan penyakit dan gejala yang terkait dengan masuk angin.
  7. Kelola Stres
    Tingkat stres yang tinggi, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda yang mengakibatkan mudahnya badan terkena paparan penyakit.  Silakan  lakukan teknik-teknik pengurangan stres, seperti  meditasi dan latihan pernapasan.

Selain mengonsumsi obat herbal,  semoga tip di atas dapat membantu tubuh Anda agar tidak mudah terkena masuk angin. Namun, perlu diketahui batas dari kesehatan tubuh Anda. Jika Anda memiliki gejala yang cukup parah, jangan ragu berkonsultasi dengan tenaga kesehatan ahli untuk panduan dan bantuan lebih lanjut. Semoga Anda selalu sehat dalam kondisi cuaca yang tidak menentu!

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Vesak Celebration: Remembering the Life of Buddha in Five Countries in the Americas
 · Perjalanan

Jelajahi bagaimana lima negara di Amerika merayakan Waisak.

Dealing with Extreme Hot Weather: Tips Caring for Your Car Glass
 · Kendaraan

Pelajari tip penting untuk melindungi kaca mobil Anda dalam cuaca panas yang ekstrem.

Bali Mengalami <cite>Overtourism</cite>? Berikut Lima Destinasi Wisata di Indonesia yang Mirip dengan Bali
 · Perjalanan

Jelajahi lima destinasi wisata menakjubkan di Indonesia yang menawarkan pengalaman serupa dengan Bali.