Tahukah Anda? Pentingnya Ketersediaan APAR di Mobil

Did You Know? The Importance of Having a Fire Extinguisher Accessible in Cars

Alat Pemadam Api Ringan (APAR) merupakan salah satu benda penunjang keselamatan yang sangat penting. APAR bisa menjadi pertolongan pertama saat terjadi kebakaran, termasuk kebakaran di mobil. Dengan adanya APAR, jika kendaraan terbakar diharapkan kerusakan tidak meluas dan tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Penyebab Kebakaran pada Mobil
Belakangan ini kita sering sekali melihat atau mendengar berita di media sosial maupun di TV yang menginformasikan terjadinya kebakaran pada kendaraan bermotor, khususnya mobil. Namun, tahukah Anda beberapa kemungkinan penyebab terjadinya kebakaran tersebut? Kebakaran pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik saat mobil sedang digunakan atau tidak digunakan. Berikut adalah beberapa penyebab mobil terbakar:

  1. Kebocoran bahan bakar dan oli
  2. Modifikasi aksesoris mobil yang terpasang tidak benar dan melebihi kapasitas ketahanan kabel
  3. Mesin mobil overheat yang menimbulkan korsleting listrik sehingga memicu mobil terbakar
  4. Masalah pada sistem kelistrikan, seperti kabel longgar atau terkelupas
  5. Menyimpan barang-barang yang mudah terbakar di dalam mobil
  6. Perawatan kendaraan yang kurang maksimal
  7. Kecelakaan/tabrakan yang menyebabkan komponen mobil mengalami kerusakan yang bisa memicu kebakaran dan ledakan

Kementerian Perhubungan pada tanggal 18 Februari 2020 mengeluarkan regulasi terkait hal tersebut dalam Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor: KP.972/AJ.502/DRJD 2020 tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor. Dalam Pasal 2 Ayat 2 tercantum:

“Kendaraan bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, O1, O2, O3, dan O4 untuk mobil penumpang, mobil barang landasan mobil penumpang, dan landasan mobil barang wajib dilengkapi fasilitas tanggap darurat berupa alat pemadam api ringan.”

Sebagai salah satu peralatan pertolongan pertama, pentingnya APAR juga tercantum dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 57. Dalam pasal tersebut disebutkan:

(1) Setiap Kendaraan Bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan Kendaraan 
Bermotor.
(2) Perlengkapan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) bagi Sepeda Motor berupa helm Standar Nasional Indonesia.
(3) Perlengkapan  sebagaimana  dimaksud  pada  Ayat  (1)  bagi Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih, sekurang-kurangnya terdiri atas: 
a. sabuk keselamatan; 
b. ban cadangan;
c. segitiga pengaman;  
d. dongkrak; 
e. pembuka roda; 
f. helm dan rompi pemantul cahaya bagi Pengemudi Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak memiliki rumah-rumah; dan 
g. peralatan pertolongan pertama pada Kecelakaan Lalu Lintas.

Merujuk pada peraturan tersebut, saat ini seluruh mobil baru, mulai dari tahun 2021, wajib dilengkapi dengan APAR. Sedangkan untuk mobil keluaran tahun sebelumnya diharapkan melengkapi APAR sendiri.

Penggunaan APAR
Kegunaan APAR dalam mobil pribadi sangat penting untuk menjaga keselamatan dalam berbagai situasi dan meminimalisir kerugian jika terjadi kebakaran. Berikut beberapa tip penggunaan APAR di kendaraan Anda:

  1. Pilih jenis APAR yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia dan mengandung bahan yang dapat memadamkan berbagai kebakaran pada benda padat, benda cair atau gas, dan instalasi listrik. Jenis APAR yang efektif untuk kebakaran di mobil antara lain APAR CO2 dan APAR Chemical Powder. APAR yang berbahan foam dan air tidak disarankan karena foam dan air bersifat penghantar listrik.
  2. Pastikan jumlah dan kapasitas APAR sesuai dengan spesifikasi kendaraan.
  3. Simpan APAR di lokasi yang mudah dijangkau oleh pengemudi dan penumpang serta mudah dioperasikan saat terjadi kebakaran.
  4. Pastikan APAR dilengkapi informasi tata cara penggunaannya. Cara penggunaan APAR mobil sama dengan APAR untuk jenis kebakaran lainnya. Penggunaan dilakukan dengan teknik PASS, yaitu Pull (tarik segel pengaman), Aim (arahkan ujung selang ke sumber api), Squeeze (tekan tuas APAR untuk mengeluarkan bahan pemadam api dalam tabung), dan Sweep (sapukan/ayunkan bahan pemadam ke api yang menyala).
  5. Cek kondisi APAR secara berkala dan lakukan pengisian ulang jika bahan pemadam sudah habis atau kadaluwarsa.

Semoga informasi di atas dapat memperkaya pemahaman Anda terkait dengan pentingnya ketersediaan APAR di mobil. Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai syarat dan ketentuan polis, silakan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan senang untuk membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Tahukah Anda? Tanggung jawab hukum pihak ketiga

Jelajahi wawasan penting untuk memahami implikasi dan pentingnya tanggung jawab pihak ketiga dalam asuransi.

Tahukah Anda? - Manfaat Menggunakan Pelacak GPS di Mobil

Pelajari manfaat pelacak GPS untuk kendaraan Anda.

Tahukah Anda? Asuransi Tanggung Jawab Umum Komprehensif

Telusuri aspek-aspek kunci dari kebijakan asuransi tanggung jawab umum komprehensif.