Tahukah Anda? Oil Sludge atau Lumpur pada Mesin Mobil

Did You Know? Oil Sludge

Oil sludge atau lumpur pada mesin mobil bukanlah hal yang dapat disepelekan. Endapan lumpur yang kental pada mesin dapat mengganggu kinerja mesin menjadi lambat dan juga dapat menutup celah-celah kecil sebagai tempat berjalannya pelumas mesin. Selain itu, lumpur di dalam mesin ini juga dapat menimbulkan risiko keausan pada mesin akibat besarnya gaya gesek yang ditimbulkan.

Apa saja yang bisa membuat terjadinya lumpur pada mesin mobil?

Lumpur pada mesin mobil diakibatkan karena endapan kotoran atas sisa pembakaran atau kerak oli yang kembali tercampur dengan pelumas baru. Setelahnya, endapan tersebut akan menggumpal berbentuk seperti lumpur yang menempel pada dinding atau material lainnya di dalam mesin.

Berikut merupakan hal umum penyebab lumpur pada mesin mobil:

  1. Salah Memilih Oli. Kesalahan dalam memilih pelumas pada mesin mobil juga bisa menyebabkan timbulnya lumpur. Hal ini dikarenakan setiap mesin mobil mempunyai tingkat kerapatan mesin yang berbeda. Contohnya, seperti mobil Low Cost Green Car (LCGC) dengan konstruksi mesin yang rapat. Menurut pabrikan, jenis kendaraan ini sangat cocok menggunakan pelumas dengan spesifikasi oli SAE 0W-20 atau SAE 5W-30 yang mana memiliki kekentalan oli lebih encer.
  2. Menggunakan Oli Palsu. Dalam memilih pelumas mesin sebaiknya harus lebih berhati-hati. Saat ini banyak oli palsu yang beredar di pasaran. Jika Anda menggunakan oli palsu secara terus menerus di mobil kesayangan Anda, maka dapat dipastikan mesin mobil akan mengalami oil sludge akibat endapan dari residu kotoran yang terus menerus menempel di dalam mesin.
  3. Tidak Pernah Mengganti Filter Oli. Filter oli memiliki peran penting pada mesin. Bagian ini menyaring kotoran yang terkandung di dalam oli sebelum kembali masuk ke dalam mesin untuk memberikan daya lumas. Biasanya, filter oli wajib diganti setiap melakukan dua kali penggantian oli mesin.
  4. Telat Mengganti Oli. Oli pada mesin akan menjadi kotor seiring dengan penggunaan. Apabila oli tidak diganti, maka endapan dan kotoran akan semakin menumpuk. Hal ini membuat munculnya oil sludge pada dinding mesin.

Itulah dia beberapa penyebab oil sludge yang harus Anda ketahui supaya mobil Anda tidak mengalami kerusakan akibat lumpur yang mengendap pada mesin. Selain menyumbat aliran oli menuju mesin, gumpalan lumpur oli ini kelak akan berdampak pada efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Artinya, penggunaan bensin mobil Anda akan lebih boros daripada biasanya. Tak sampai di situ, mesin dan suku cadang lainnya juga dapat berpotensi rusak karena oil sludge ini. Jadi agar tidak terjadi oil sludge di kendaraan Anda, jangan lupa untuk mengganti oli secara rutin dan menggunakan oli mesin yang asli.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lanjut mengenai produk Asuransi MSIG Indonesia, silakan menghubungi kami di 021 - 2523110 dan kami akan senang untuk membantu Anda.

Artikel lain yang mungkin Anda sukai

Tahukah Anda? Nomor Identifikasi Kendaraan (Nomor Rangka)

Pelajari bagaimana Nomor Identifikasi Kendaraan (VIN) menunjukkan informasi penting tentang riwayat dan spesifikasi kendaraan Anda.

Tahukah Anda? Derek

Temukan wawasan penting tentang penarikan kendaraan dan signifikansinya dalam berbagai situasi.

Tahukah Anda? Tips hadapi genangan banjir saat berkendara

Pelajari tip berharga untuk menavigasi dengan aman melewati genangan air saat mengemudi.